Teh Hijau 



Greean tea adalah nama teh yang terbuat dari daun tanaman teh hijau, yang di petik dan diproses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau juga bisa minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Green tea atau teh hijau merupakan minuman yang populer di Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Jepang,  Asia Timur dan Asia Tenggara. Dan mulai terkenal di negara barat yang dulunya penikmat teh hitam.

Teh hijau adalah teh yang terkenal di Jepang. Sehingga di sebut (ocha) maka kemungkinan besar yang dimaksud adalah teh hijau dan baru disebut teh Jepang (ninoncha)kalau memang tersedia pilihan teh yang lain. Teh biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh.




Jenis-jenis teh hijau yang umum:
Gyokuro
Teh yang dipilih dari daun teh teratas yang disebut tencha. Teh yang dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.
Matcha
Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.
SenchaTeh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.
Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.
Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.
Teh kasar yang dibuat dari panenan yang kedua kali antara musim panas dan musim gugur. Daun teh untuk teh bancha biasanya lebih besar dari daun teh sencha dan aromanya tidak begitu harum.
Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.
Teh berkualitas rendah dari daun teh bercampur tangkai daun teh.



Manfaat teh hijau :
Menjaga Kesehatan Jantung
     Teh hijau dikenal memiliki kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, risiko penyumbatan jantung akibat kolesterol dan gula darah dapat diminimalkan, karena kondisi pembuluh darah Anda akan lebih sehat dan kadar gula darah serta kolesterol pun relatif stabil.
Sendi Sendi Selalu Sehat
     Bebepa penelitian mengenai teh hijau bahwa teh tersebut dapat membuat sendi-sendi dalam tubuh selalub sehat dan mencegah pembentukan molekul penyebab rematik dan dan perdangan sendi dalam tubuh.
Mengontrol Berat Badan 
     Teh hijau pun banyak dikonsumsi saat diet. Hal ini karena the hijau dapat membantu dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh, sehingga resiko penimbunan lemak dalam tubuh dapat diminimalkan. 

Komentar